.: WeLCoMe GueST :.

Friday, January 22, 2010

Membonceng Adek Kecil

Kalau melihat foto di samping apa yang muncul dibenak rekan-rekan Black Motor Community? Yups,,itu hanya ada di Indonesia dan perlu diberi penghargaan dari Blackinnovationawards sebagai inovasi transportasi paling ekstrim dan tidak patut dicontoh :D
Lihat saja penumpangnya, dalam 1 motor ada 6 orang [*Mobil kale y... (-_-" ]. Dan yang lebih meprihatinkan mayoritas penumpangnya adalah anak-anak.

Banyak orang yang mengendarai motor secara berboncengan dengan mengajak anak-anak mereka tapi tidak memperhatikan keamanan selama perjalanan. Contohnya seperti pada gambar di samping. Mungkin maksudnya supaya lebih murah dan cepat tapi ternyata juga lebih beresiko terjadinya kecelakaan. Untuk itu berikut ada beberapa tips dari Departemen Perhubungan Republik Indonesia ketika membonceng anak agar selamat dan nyaman sepanjang perjalanan.

Pertama, usahakan tidak membawa anak lebih dari satu. Sebab idealnya sepeda motor hanya dapat dimuati oleh dua orang, pengemudi dan pembonceng.

Kedua, sebisa mungkin anak harus dibonceng di belakang dengan kedua kaki berpijak pada footstep dengan sempurna. Kemudian tangan anak berpegangan pada pinggang atau perut pengendara dengan kuat.

Jika kaki anak Anda belum bisa mencapai footstep, anak dapat didudukkan di depan dengan motor tipe bebek, sehingga kaki anak dapat menjejak. Pada posisi ini, sebaiknya anak Anda berpegangan pada stang bagian dalam sehingga tidak mengganggu gas, grip atau sistem kemudi.

Ketiga, lengkapi anak dengan peralatan keselamatan berkendara, seperti helm fullface atau open face yang pas dengan ukuran kepalanya, kacamata, jaket, masker untuk pernafasan, celana panjang, dan sepatu.

Bila semua telah dipersiapkan, langkah terakhir yakni berkendaralah dengan aman, patuhi seluruh rambu lalulintas yang ada, agar Anda dan si buah hati selamat sampai tujuan.

0 comments:


Post a Comment

 
My photo
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Followers