.: WeLCoMe GueST :.

Wednesday, December 23, 2009

Akibat Tegangan Listrik Tidak Stabil

Kalau pada site Autoblackthrough sering membahas dunia otomotif, di blog ini aku akan melengkapinya dengan lebih sering membahas tentang IT(Informatic Technology). Dengan harapan supaya nanti akan terbentuk Black Community baru yang khususnya bergerak dibidang IT(baca: Black IT Community). Menunjuk pada judul diatas, kali ini aku akan menuliskan sedikit pengalamanku beberapa hari yang lalu.

Seperti biasanya setiap pulang ke Mojosari(baca: rumah penulis), aku selalu menyalakan komputer yang ada di rumah. Maklum kalau di rumah komputer jarang dipakai. Jadi supaya tidak rusak karena jarang dipakai, komputer aku ON-kan saja sekalian ngecek kondisinya. Kemudian tombol power pun aku tekan, loading sudah terlewati, dan komputer sudah siap dipakai. Tapi tak lama kemudian otomatis kulkas di rumah aktif dan mungkin karena daya listrik di rumah cuma terbatas alhasil tegangan listrik pun turun sejenak. Akhirnya komputerku tercinta pun juga jadi korban.

Mendadak komputer mati, aku tekan tombol power berkali-kali tapi dia tak bergeming sedikit pun. Kemudian aku coba memeriksanya, ku keluarkan semua keahlian dan pengalamanku. Dan hasil analisaku mengatakan bahwa yang rusak adalah power supply-nya, atau biasa disebut PSU(Power Supply Unit). Karena pada saat ku masukan power, power supply sama sekali tidak menerima tegangan. Padahal untuk menjalankan semua perangkat di dalam komputer membutuhkan supply listrik yang berasal dari power supply.
Kemudian aku putuskan untuk LemBiru(Lempar Beli Baru). Dan setelah aku cek ke toko-toko komputer di Hi-Tech Mall Surabaya, ternyata untuk Power Supply 350 watt yang sama seperti punyaku tidak ada(baca: sudah jadul). Akhirnya dengan sedikit ragu aku beli yang 450 watt.


Lalu power supply yang lama aku ganti dengan yang baru, ternyata benar yang rusak adalah power supply-nya dan komputer sudah menyala. Tapi perjuangan belum selesai sampai disini T.T Setelah muncul pesan error seperti gambar di bawah, yang intinya komputer tidak bisa melakukan booting karena ada file yang corrupt dan harus direpair.

Sesuai pesan error-nya, aku masukan CD XP untuk melakukan repair. Tapi malah muncul error lagi yang berbunyi load needed DLL's for kernel. What happen with this???
Keinginan untuk menyerah sudah mulai muncul, tapi entah kenapa terpikir olehku untuk memeriksa kembali seluruh perangkat dan konektor yang terpasang. Alhasil aku menemukan 2 pin yang bengkok pada floopy disk yang membuat kabel data menancap kurang pas. Langsung saja aku luruskan, kemudian komputer aku nyalakan. Hasilnya KOMPUTER ON dan SUKSES MELAKUKAN BOOTING secara NORMAL.


Kesimpulan: Jangan pernah menyerah meskipun kamu sudah tak kuasa. Karena pertolongan dari sang Maha Kuasa insyaAllah akan selalu ada.. :D


0 comments:


Post a Comment

 
My photo
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Followers