.: WeLCoMe GueST :.

Tuesday, January 12, 2010

Sarapan Pecel Maknyus

Mungkin rekan-rekan Black Community masih ingat lagu ini: "Bangun tidur ku terus mandi...Tidak lupa menggosok gigi...". Tapi sepertinya lagu tsb harus diaransemen ulang, karena sudah tidak sesuai dengan reality anak muda zaman sekarang khususnya seperti saya. Hehee...Lebih pas lagi kalo jadi seperti ini: "Bangun tidur ku terus makan...tidak lupa membuka facebook". Sungguh kebiasaan yang tidak baik dan kurang menghasilkan, tapi itulah adanya. Bangun agak siang, cuci muka, kumur-kumur kemudian langsung berangkat cari sarapan.

Dan akhirnya nasi pecel yang aku dapat. Makanan khas Indonesia yang sangat bergizi, karena terdiri dari berbagai sayuran hijau seperti bayam, kacang panjang, atau dibeberapa daerah biasanya ditambah kangkung, kecambah, dan timun. Secara tampilan memang kurang menarik, tapi dengan ditambah bumbu yang sedap dengan komposisi yang pas rasanya seakan sedang menikmati Djarum Black Slimz.


Resep Bahan Pecel :

* 150 gram kangkung muda
* 150 gram kacang panjang, potong @ 2 cm
* 150 gram bayam muda
* 200 gram taoge atau jenis sayur lain
* garam menurut selera
* rempeyek kacang

Resep Sambal Pecel :

* 250 gram kacang tanah sangrai/goreng, cincang kasar
* 6 buah cabai rawit
* 2 buah cabai merah
* 1 sendok teh kencur cincang
* 3 siung bawang putih
* 3 lembar daun jeruk purut
* 1 sendok teh asam jawa
* 1/4 sendok teh terasi
* 300 ml air matang
* garam dan gula merah menurut selera

Cara Membuat Pecel :

* Rebus secara terpisah masing-masing sayuran, tiriskan.
* Sambal pecel : tumis cabai, kencur, bawang putih, dan daun jeruk dengan 3 sendok makan minyak goreng, tiriskan. Haluskan bersama kacang goreng, beri air matang, aduk kental. Hidangkan sayuran dengan sambal dan rempeyek kacang.
* Rempeyek kacang : haluskan 10 buah kemiri sangrai/goreng, 5 siung bawang putih, 2 sendok teh kencur cincang, 1 sendok teh ketumbar, dan 1 sendok teh garam.
* Campur 200 gram tepung beras, 50 gram tepung sagu, bumbu halus, 1 butir telur kocok, aduk, tuangi 450 ml santan cair sambil diaduk menjadi adonan yang licin. Masukkan 5 lembar daun jeruk purut iris halus, dan 200 gram kacang.
* Tuang 1 sendok sayur adondn di pinggir penggorengan. Biarkan mengeras, lepaskan dengan sendok penggorengan, bawa ke tengah, goreng dengan api kecil sambil dibolak-balik hingga kering kecokelatan. Angkat, tiriskan.

0 comments:


Post a Comment

 
My photo
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Followers