.: WeLCoMe GueST :.

Saturday, January 30, 2010

Giliran Honda Jazz Recall

Ada kabar mengagetkan dari Honda pada Black In News kali ini. Setelah beberapa hari yang lau Toyota melakukan recall terhadap sekitar 1,1 juta unit mobil mereka dari pasaran Amerika. Kali ini giliran Honda yang melakukan hal tsb.

Kasus di Afrika Selatan yang memicu penarikan produk ini, terjadi pada September 2009. Peristiwa ini merenggut nyawa anak berumur dua tahun bernama Vanilla Nurse di Afrika Selatan. Vanilla sedang tidur saat mobil itu terbakar.

Honda secara resmi mengumumkan menarik produksi Honda Jazz atau Fit di beberapa negara Eropa, Amerika dan Asia. Total unit yang ditarik kembali mencapai 646.000 mobil. Seperti dilansir Associated Press (AP), Sabtu 30 Januari 2010. Penarikan produk keluaran tahun 2001-2008 itu dipicu cacat produksi pada tombol jendela.

Cacat produksi pada tombol jendela itu memicu arus pendek dan menimbulkan kebakaran. Bila terdapat air yang masuk melalui jendela mobil dalam jumlah besar, seperti dikarenakan mencairnya salju atau banjir, maka tombol jendela dekat posisi stir akan menyebabkan arus pendek, panas tinggi, dan terbakar.

Beruntung Indonesia tidak termasuk dalam daftar recall tsb :


"Sudah dipastikan bahwa Jazz di Indonesia tidak ikut di-recall (ditarik)," kata Jonfis Fandy, Marketing Director Honda Prospect Motor, dalam perbincangan dengan VIVAnews, Sabtu 30 Januari 2010.

Honda Prospect Motor merupakan distributor resmi mobil Honda di Indonesia. Menurut Jonfis, produksi Honda Jazz dari Indonesia memiliki spesifikasi dan karakter yang berbeda. Itulah yang membuat produksi dari Indonesia tidak ada satupun yang ditarik. Mungkin cukup sekian kabar untuk rekan Black Community hari ini. Hal ini menjadi pelajaran buat kita supaya lebih berhati-hati dalam membeli maupun melakukan perawatan mobil.

0 comments:


Post a Comment

 
My photo
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Followers