.: WeLCoMe GueST :.

Friday, December 18, 2009

USB (Universal Serial Bus)

Masih berhubungan dengan artikel sebelumnya yaitu Bluetooth USB, tapi artikel kali khusus membahas tentang USB itu sendiri. Seperti halnya Blackinnovationawards yang terus mengembangkan inovasi-inovasi terbarunya, atau PT. Djarum dengan mengeluarkan Djarum Black Slimz yang merupakan varian baru dari Djarum Black. Dunia IT(Informatic Technology) pun juga begitu, terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan/keinginan manusia.

Beberapa tahun yang lalu peralatan komputer memiliki berbagai macam standar koneksi. Koneksi antara PC dengan keyboard, mouse, disk, printer, berbeda-beda. Dengan adanya USB, semua menjadi efisien, karena konektifitas antar peralatan kini menjadi satu standar.


Konektor USB Tipe A dan B(Kiri), Konektor USB Tipe A(Kanan).

USB (Universal Serial Bus) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya pada komputer namun juga bisa digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA. USB didesain untuk efisiensi penggunaan konektor (I/O) antar peralatan komputer. Untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI, dan memperbaiki kemampuan plug and play(pasang-dan-mainkan) dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu mereboot komputer. Ketika USB dipasang, ia langsung dikenal sistem komputer dan memroses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya.

USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse, keyboard, pemindai gambar, kamera digital, printer, hard disk, dan komponen networking. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera digital.
Perbedaan paling mencolok antara versi baru dan lama adalah kecepatan transfer yang jauh meningkat. Kecepatan transfer data USB dibagi menjadi tiga, antara lain:

  • High speed data dengan frekuensi clock 480.00Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ± 500ppm.

  • Full speed data dengan frekuensi clock 12.000Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±0.25% atau 2,500ppm.

  • Low speed data dengan frekuensi clock 1.50Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±1.5% atau 15,000ppm.


Kabel USB

Jika dibuka, kabel USB akan terlihat ada 4 warna, yaitu merah, coklat, kuning dan biru. Kabel berwarna merah dan coklat berfungsi sebagai power / untuk arus listrik. Kabel berwarna kuning dan biru berfungsi untuk membawa / mentransfer data.

Beberapa Keistimewaan USB






  • Komputer bisa diposisikan menjadi sebuah host.

  • Lebih dari 127 perangkat dapat tersambung ke komputer secara langsung maupun menggunakan hub USB.

  • Kabel USB yang digunakan secara langsung bisa mencapai 5 meter. Sedangkan jika menggunakan perangkat hub bisa mencapai 30 meter.

  • Perangkat USB bersifat 'hot swappable' artinya perangkat keras yang sudah menggunakan port USB bersifat plug and play.


Versi USB
Saat ini versi USB yang banyak digunakan adalah USB versi 1.1 dan USB versi 2.0. Perbedaan keduanya ada pada dukungan kecepatan transfer data. USB versi 1.1 mendukung kecepatan 1,5 Mbps dan 12 Mbps, sedangkan USB versi 2.0 mendukung jenis kecepatan 1,5 Mbps, 12 Mbps dan 480 Mbps, sehingga USB versi 2.0 pada dasarnya hanya menambahkan satu jenis kecepatan tinggi. Kecepatan 1.5 Mbps digunakan untuk devais USB dengan bandwith rendah seperti mouse, kecepatan 12 Mbps digunakan untuk devais USB dengan bandwith sedang, dan kecepatan 480 Mbps digunakan untuk devais USB dengan bandwith tinggi.




0 comments:


Post a Comment

 
My photo
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Followers