.: WeLCoMe GueST :.

Thursday, November 26, 2009

Sungai Impian

Sungai yang bersih, jernih nan indah tanpa bau yang menyesakkan dada. Mungkin saat ini itu hanya sebuah impian belaka. Untuk itu melalui Black In News kali ini kita akan sedikit berbicara tentang lingkungan, khususnya kebersihan sungai. Lihat saja foto sungai dibawah ini! Salah satu cermin sungai di Indonesia yang sudah multifungsi. Selain sebagai saluran air atau pencegah banjir sungai ini juga berfungsi sebagai tempat pembuangan sampah dan limbah rumah tangga. Air hasil mencuci atau mandi semuanya ditampung di sungai tsb.

Tata ruang dan sistem sanitasi yang tidak terkendali, mungkin ini salah satu yang menjadi penyebab utama. "Dan bagaimana mengatasi permasalahan ini?"
Pertanyaan tsb tidak akan menjadi retoris kalau Pemkot dan masyarakat bisa saling bekerjasama dan memiliki kesadaran tentang memelihara kebersihan terutama sungai-sungai yang berfungsi sebagai pencegah banjir.

Semuanya harus dimulai dari yang kecil, dari masing-masing individu dan secara bertahap. Contoh saja seperti tidak membuang sampah di sungai. Kalau perlu melalui event-event seperti Autoblackthrough goes to campus atau Blackinnovationawards goes to campus juga bisa diselipkan sedikit kampanye tentang kebersihan. Memang sederhana, tapi kalau dimaksimalkan manfaatnya bisa menjadi luar biasa. Teringat kata-kata guru SMK-ku, "Anak TK saja kalau habis makan langsung lari ke tempat sampah buat buang bungkusnya". Bandingkan dengan mereka yang umurnya lebih dewasa, dimana mereka makan, disitu sampah dibuang. Memang ironis, tapi itulah kenyataan.


Seorang ibu-ibu berjalan diatas sungai penuh dengan sampah dengan bau yang sangat menyengat.

Sungai ini berada di Surabaya tepatnya di Kalidami atau biasa disebut sungai Kalidami.(Silahkan cek ke TKP)

Bau menyengat dari sungai ini sudah tidak asing lagi bagiku yang setiap hari aku lewati saat berangkat kuliah atau ke kantor.

0 comments:


Post a Comment

 
My photo
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Followers