.: WeLCoMe GueST :.

Friday, February 26, 2010

Penutup (Djarum Black Blog Competition Vol.2)

Melalui postingan penuntup ini terlampir list semua artikel yang aku ikutkan pada Djarum Black Blog Competition Vol.2. Artikel-artikel tsb keseluruhannya merupakan catatan harian dari apa yang aku lihat, dengar, baca, maupun yang aku rasa. Meskipun berupa artikel penutup yang menjadi salah satu syarat dan ketentuan dalam mengikut Djarum Black Blog Competition Vol.2, tapi bagi aku ini merupakan postingan awal dalam ajang menulis disetiap postingan-postingan berikutnya supaya menjadi lebih baik. Dan aku berharap ini menjadi awal yang bahagia tentunya, dengan menjadi Juara kompetisi ini.

Berikut list artikel-artikel tsb:


Selengkapnya...

Tuesday, February 23, 2010

Helm SNI Efektif Mulai 1 April 2010

Pada Black In News sebelumnya sudah saya sebutkan mengenai Undang-undang No. 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Salah satu isi UU tsb, pada pasal 106 ayat 8 mensyaratkan bagi semua pengendara sepeda motor dan penumpangnya untuk memakai helm yang memenuhi standar nasional Indonesia. Pengendara dan atau penumpang yang tidak memakai helm dikenakan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan, atau denda sebesar Rp, 250.000 ( dua ratus lima puluh ribu rupiah ).

Menindaklanjuti pelaksanaan UU tersebut, kali ini ada kabar terbaru mengenai penggunaan helm Standar Nasional Indonesia(SNI). Sesuai dengan keputusan menteri, bahwa penggunaan helm SNI efektif diberlakukan mulai 1 april 2010.

Meski saat ini belum efektif diberlakukan, sebaiknya semua pengguna motor dan rekan-rekan Black Motor Community khususnya, sudah menggunakan helm standar tsb. Karena helm tsb sudah melalui berbagai proses uji dari Badan Standarisasi Nasional Indonesia. Hal ini dimaksudkan supaya lebih efektif dalam melindungi kepala pengendara jika terjadi kecelakaan.

Dikutip dari site Badan Standardisasi Nasional, 23/02/2010
Angka kecelakaan sepeda motor di tanah air, kian tahun kian meningkat. Data yang dihimpun oleh Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (UGM), korban meninggal akibat kecelakaan telah mencapai lebih dari 30 ribu orang dan sebanyak 65% korban meninggal adalah pengguna sepeda motor yang sebagian besar adalah akibat cidera kepala.

Realita tersebut mendorong Kementerian Perindustrian selaku regulator mengeluarkan SK Peraturan Menteri No 40/M-IND/Per/6/2008 yang mengadopsi Standar Nasional Indonesia (SNI) 1811:2007 Helm Pengendara Kendaraan Bermotor Roda Dua, menjadi regulasi teknis. Dalam SK tersebut, seluruh produsen termasuk importir helm, wajib memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan dalam SNI 1811:2007. Helm ber SNI adalah helm yang telah lulus uji dari laboratorium uji berdasarkan ketentuan yang ada dalam SNI 1811:2007 yang mencakup 9 parameter uji diantaranya uji material, uji tekanan, dan tali pengikat. Jelas, helm ini telah memenuhi aspek keamanan. Keputusan Menteri ini akan efektif berlaku tanggal 1 April 2010.


Selain itu ternyata dengan mulai diterapkannya helm SNI juga mempengaruhi proses impor helm dari luar negeri. Sejak pertengahan tahun 2009 lalu peredaran helm impor mulai menurun. Menurut Asosiasi Industri Helm Indonesia (AIHI) mencatat penerapan SNI secara wajib telah menekan pangsa pasar helm impor yang hanya tersisa 15%.

Dikutip dari DetikOto
"Sekarang helm tidak banyak yang impor paling hanya 15% dari pasar helm," ujar Staf Ahli Asosiasi Industri Helm Indonesia (AIHI) Thomas Lim dalam acara sosialisasi penerapan SNI wajib helm di Hotel Menara Peninsula Jakarta, Selasa, (23/2/2010).


Selengkapnya...

Thursday, February 11, 2010

Google Buzz Sebagai Penantang Baru

Kalau mendengar kata Google hampir semua orang pasti sudah tahu apa itu. Sebuah search engine(mesin pencari) milik Larry Page dan Sergey Brin. Tapi pada Black In News kali ini aku tidak menulis mengenai search engine, melainkan produk dari Google yang lainnya. Seperti halnya Djarum Black, Google Inc juga terus berinovasi dan mengeluarkan produk barunya guna untuk mempertahankan market atau bahkan meningkatkan jumlah konsumennya.

Tadi beberapa detik setelah aku login ke Gmail(Google Email), tiba-tiba muncul alert berisi pesan mengenai produk barunya tsb. Kemudian aku allow saja, lalu masuk ke window seperti gambar di samping. Nama produk google tsb adalah Google Buzz.

Dikutip dari halaman utama Google Buzz

Buzz adalah cara baru berbagi pemutakhiran, foto, video, dan masih banyak lagi, juga tempat memulai percakapan mengenai hal-hal yang Anda pandang menarik. Anda telah kami atur untuk mengikuti orang-orang yang sering ngobrol maupun mengirim email dengan Anda.


Dengan adanya Google Buzz tsb, perusahaan Google Inc telah menciptakan situs jejaring sosial yang dapat diakses melalui login ke layanan emailnya. Banyak media yang menyebutkan bahwa Google Buzz diciptakan untuk menjadi penantang situs jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter dsb.

Dikutip dari detikINET

Menurut Google Product Manager, Todd Jackson, Google Buzz bakal segera dinikmati seluruh pengguna Gmail. Saat ini, Gmail adalah layanan e-mail terpopuler nomor tiga dunia setelah Windows Live Hotmail dan Yahoo Mail.


Fitur yang ada pada Google Buzz memang mirip seperti pada Facebook, pengguna Google Buzz juga bisa mengupdate status yang ada dipikiran mereka. Selain itu Google Buzz juga bisa menampilkan foto dari Picasa atau menghubungkan dengan twiter, flicker, dan blogspot.

Tapi menurutku pribadi, Google Inc menciptakan layanan tsb hanya untuk menambah atau meningkatkan jumlah pengguna Gmail saja. Karena saat ini Google Buzz hanya bisa diakses via Gmail. Selain itu juga agak sulit kalau mengajak para pengguna Facebook dan Twitter untuk berpindah ke Google Buzz. Karena saat ini mereka cenderung sudah familiar dengan fitur-fitur yang ada di Facebook atau Twitter.
Selengkapnya...

Wednesday, February 3, 2010

Urap - Urap

Apa yang terlintas dipikiran rekan-rekan Black Community kalau mendengar kata Urap-Urap? Dalam bahasa Jawa, diurap artinya dicampur. Jadi kalau urap-urap berarti campur-campur[*GJ mode On :D]. Tentu saja yang dicampur disini bukan menthol yang dicampur dengan tembakau seperti pada Djarum Black Menthol, tapi adalah sebuah makanan khas Indonesia. Makanan ini terdiri dari berbagai macam sayuran yang kemudian dicampur aduk menjadi satu dengan ditambahkan sedikit bumbu tertentu.

Urap-urap ini lah yang biasanya menemaniku setiap pagi dikala aku lapar. Meski komposisinya sederhana tapi makanan ini mengandung kaya akan gizi. Karena terdiri dari berbagai sayuran seperti daun singkong, daun pepaya, daun kemangi, atau bisa sesuai dengan selera. Ditambah dengan sedikit bumbu dan parutan kelapa yang dikukus membuat rasanya semakin khas dan nikmat ketika dimakan. Berikut ini adalah resep dari urap-urap tsb:


Bahan:
* 100 gram daun kenikir, direbus matang
* 150 gram daun singkong rebus
* 100 gram daun pepaya direbus matang
* 5 lonjor kacang panjang, dipotong 3 cm direbus
* 200 gram taoge, direbus
* 50 gram daun kemangi
* 200 gram kelapa setengah tua, dikupas lalu diparut kasar
* 3/4 sendok teh asam jawa + 30 ml air
* 4 lembar daun jeruk

bumbu halus:
* 2 buah cabai merah
* 2 buah cabai rawit
* 3 siung bawang putih
* 5 cm kencur
* 1 1/2 sendok teh gula merah
* 3/4 sendok teh garam

cara membuat:

1. Aduk bumbu halus, kelapa parut, daun jeruk, asam jawa, dan air. Kukus selama 30 menit.
2. Tata sayuran tambahkan bumbu, aduk rata lalu sajikan.

untuk 6 porsi

Selengkapnya...

Tuesday, February 2, 2010

10 Benda Kotor Yang Tampak Bersih

Mungkin rekan-rekan Black Community sering bahkan tak pernah terpisah dengan benda-benda seperti uang, handphone, atau remote control. Sekilas benda-benda tsb memang terlihat bersih, namun kenyataannya sedikit berbeda. Salah satu contoh yaitu uang. Mungkin rekan-rekan Black Community setiap hari menggunakan uang untuk membeli sebungkus Djarum Black atau barang lainnya. Dari transaksi jual beli tsb maka uang akan sering berpindah dari tangan satu ke tangan yang lainnya. Akibat terlalu sering berpindah tangan akan sangat memungkinkan banyak bakteri yang juga ikut berpindah.

Seperti dikutip dari Health, berikut ini ada 10 benda paling kotor yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari:

1. Uang
semua orang suka uang, tapi pastinya tidak akan ada yang suka dengan bakteri di dalamnya. Menurut Dr Darlington dari the Health Commissioner of New York, sekitar 135.000 bakteri ada pada uang, terutama uang kertas.

2. Tombol lampu
Biasanya orang terakhir atau pertama masuk di ruangan adalah yang paling sering bersentuhan dengan tombol lampu. Bakteri sangat senang hidup di area yang banyak disentuh oleh banyak orang itu. Menurut ahli sanitasi, dalam setiap inci tombol lampu ada sekitar 217 bakteri yang bisa berpindah dari tangan ke tangan.

3. Keyboard komputer
Sebuah studi di Inggris pernah menyebutkan bahwa bakteri yang ada di keyboard komputer lebih banyak daripada bakteri yang ada di toilet. Untuk itu sebaiknya bersihkan keyboard secara rutin dengan alat khusus pembersih keyboard atau bisa juga dengan menggunakan lap basah.

4. Handphone/ponsel
Ponsel adalah barang yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Akibat tidak lepas itu, maka ponsel dijadikan tempat favorit bagi ribuan bakteri untuk menetap. Bakteri suka menempel pada ponsel karena temperaturnya yang hangat dan cocok untuk pertumbuhannya. Untuk menghindarinya, saat ini sudah ada pelapis anti mikroba untuk ponsel yang bisa melindungi ponsel dari bakteri dan mengurangi risiko bakteri menempel di wajah dan tangan Anda.

5. Tempat duduk toilet
Meski terlihat bersih dan licin, tapi permukaan tempat duduk toilet yang terbuat dari porselin sangat berpotensi sebagai tempat berpindahnya virus, bakteri dan penyakit-penyakit tertentu. Data statistik menunjukkan, terdapat 295 bakteri dalam setiap inci permukaan tempat duduk toiletnya.

6. Kereta belanja
Berbelanja menggunakan kereta belanja memang lebih mudah dan mengasyikkan, tapi menurut peneliti dari University of Arizona, kereta belanja mengandung bakteri, air liur, dan bahan-bahan menjijikkan lainnya yang lebih banyak daripada eskalator, telepon umum bahkan kamar mandi umum.

7. Remote control
Seberapa sering Anda menumpahkan makanan pada remote control dan tidak membersihkannya? Lewat remote control, bakteri MRSA, SARS dan bakteri lainnya bisa masuk ke dalam tubuh. Jangan biarkan remote control menjadi ancaman saat Anda sedang asyik menonton TV.

8. Bak mandi
Bak mandi adalah bagian dalam rumah yang sering terlupakan. Ketika ada seseorang dalam keluarga yang terkena penyakit infeksi staphylococcus, infeksi saluran kemih, pneumonia, septicemia atau penyakit kulit, baru disadari bahwa bak mandi adalah sarangnya bakteri.

Percaya atau tidak, bakteri yang tergenang di dalam bak mandi lebih berbahaya daripada bakteri yang ada di dalam lubang toilet. Membersihkan bak mandi seminggu sekali bisa mengurangi risko penyakit yang tidak diinginkan.

9. Wastafel dapur
Dapur adalah tempat paling kotor diantara semua bagian rumah lainnya, apalagi bagian wastafelnya. Ada sekitar 500.000 bakteri yang terdapat pada setiap inci wastafel. Untuk mengatasinya, cobalah membersihkan wastafel dengan setengah cangkir baking soda dan setengah cangkir cuka. Setelah itu, jangan lupa siram dengan air untuk mendapatkan wastafel yang bersih dan higienis.

10. Spons untuk mencuci
Alat untuk mencuci piring ini adalah barang yang sangat nyaman dijadikan tempat berkembangnya bekteri karena memiliki kelembaban yang tinggi dan pori-pori yang kecil. Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bakteri dari barang ini adalah dengan memanaskannya dalam microwave selama 60 detik.

Penemuan ini tentu saja bukan untuk menakut-nakuti orang tapi sekedar mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan termasuk benda-benda kecil yang kerap kita anggap remeh.



Selengkapnya...

 
My photo
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Followers