.: WeLCoMe GueST :.

Wednesday, January 13, 2010

Nikotin adalah... :D

Maksud hati ingin posting di black blog tapi sedang tidak ada inspirasi. Akhirnya ku buka foto-foto di HP(baca: handphone) aku, barangkali dari foto-foto yang ada kemudian dapat ide untuk menulis. Kucari, kulihat-lihat akhirnya aku menemukan foto di samping, dengan sedikit edit tentunya.

Tapi setelah itu malah muncul satu pertanyaan, "terus apa yang aku tulis tentang foto tsb?"
Kemudian aku goyang-goyang kepala, maksudnya sih supaya jadi agak encer ini otak [GJ mode ON :D]. Dan ternyata benar[*semakin GJ], berbicara tentang Djarum Black [*sesuai foto] yang terlintas dipikiranku adalah sebatang rokok. Kemudian dari sebatang rokok muncul kata Asap dan Nikotin. Dari situ melalui Black In News kali ini aku putuskan untuk mencari referensi tentang apa itu nikotin.


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Nikotin)


Nikotina adalah senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang dihasilkan secara alami pada berbagai macam tumbuhan, terutama suku terung-terungan (Solanaceae) seperti tembakau dan tomat. Nikotina berkadar 0,3 sampai 5,0% dari berat kering tembakau berasal dari hasil biosintesis di akar dan terakumulasi di daun.

Nikotina merupakan racun saraf yang potensial dan digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis insektisida. Pada konsentrasi rendah, zat ini dapat menimbulkan kecanduan, khususnya pada rokok. Nikotina memiliki daya karsinogenik terbatas yang menjadi penghambat kemampuan tubuh untuk melawan sel-sel kanker, akan tetapi nikotina tidak menyebabkan perkembangan sel-sel sehat menjadi sel-sel kanker.


Dari informasi di atas disebutkan bahwa nikotin menimbulkan kecanduan, khususnya pada rokok. Jadi karena efek ketergantungan tsb orang terus menghisap rokok dan membelinya dengan berbagai alasan meskipun sebenarnya termasuk pemborosan. Berikut dijelaskan mengenai efek dan bagaimana nikotin bisa mengakibatkan kecanduan.


Dari site IndoForum

Efek Nikotin

Pengaruh nikotin terhadap saraf pusat dan perilaku antara lain meningkatkan kewaspadaan, mengurangi ketegangan mental pada waktu stres, meningkatkan daya ingat jangka pendek, memperpendek waktu reaksi, mengurangi rasa lapar serta menigkatkan perhatian.

Efek nikotin dalam kenikmatan dan menimbulkan kecanduan akibat dari rangsangannya terhadap saraf pusat yaitu otak. Di otak nikotin menempati reseptor kolinergik nikotinik.

Di dalam otak terdapat area yang disebut sebagai Brain Pleasure System. Jika reseptor di area otak tersebut dirangsang oleh nikotin, akan timbul rasa nikmat dalam waktu tertentu.

Setelah rasa nikmat berkurang, seseorang akan kembali menghisap rokok. Pada seorang perokok bagian otak ini akan terus dirangsang sehingga menimbulkan ketagihan jika kadar nikotin dalam darah rendah.

Tentu saja rasa nikmat ini juga dipengaruhi selera individu terhadap berbagai racikan rokok pada berbagai merk rokok.


Dari data-data di atas dapat disimpulkan bahwan rokok yang berbahan dasar tembakau mengandung senyawa yang disebut nikotin. Dimana nikotin tsb merupakan racun saraf yang potensial dan pada konsentrasi tertentu dapat menimbulkan efek kecanduan.

0 comments:


Post a Comment

 
My photo
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Followers