.: WeLCoMe GueST :.

Saturday, January 30, 2010

Giliran Honda Jazz Recall

Ada kabar mengagetkan dari Honda pada Black In News kali ini. Setelah beberapa hari yang lau Toyota melakukan recall terhadap sekitar 1,1 juta unit mobil mereka dari pasaran Amerika. Kali ini giliran Honda yang melakukan hal tsb.

Kasus di Afrika Selatan yang memicu penarikan produk ini, terjadi pada September 2009. Peristiwa ini merenggut nyawa anak berumur dua tahun bernama Vanilla Nurse di Afrika Selatan. Vanilla sedang tidur saat mobil itu terbakar.

Honda secara resmi mengumumkan menarik produksi Honda Jazz atau Fit di beberapa negara Eropa, Amerika dan Asia. Total unit yang ditarik kembali mencapai 646.000 mobil. Seperti dilansir Associated Press (AP), Sabtu 30 Januari 2010. Penarikan produk keluaran tahun 2001-2008 itu dipicu cacat produksi pada tombol jendela.

Cacat produksi pada tombol jendela itu memicu arus pendek dan menimbulkan kebakaran. Bila terdapat air yang masuk melalui jendela mobil dalam jumlah besar, seperti dikarenakan mencairnya salju atau banjir, maka tombol jendela dekat posisi stir akan menyebabkan arus pendek, panas tinggi, dan terbakar.

Beruntung Indonesia tidak termasuk dalam daftar recall tsb :


"Sudah dipastikan bahwa Jazz di Indonesia tidak ikut di-recall (ditarik)," kata Jonfis Fandy, Marketing Director Honda Prospect Motor, dalam perbincangan dengan VIVAnews, Sabtu 30 Januari 2010.

Honda Prospect Motor merupakan distributor resmi mobil Honda di Indonesia. Menurut Jonfis, produksi Honda Jazz dari Indonesia memiliki spesifikasi dan karakter yang berbeda. Itulah yang membuat produksi dari Indonesia tidak ada satupun yang ditarik. Mungkin cukup sekian kabar untuk rekan Black Community hari ini. Hal ini menjadi pelajaran buat kita supaya lebih berhati-hati dalam membeli maupun melakukan perawatan mobil.
Selengkapnya...

Thursday, January 28, 2010

2 Lamborghini Siap Masuk ke Indonesia

Black In News kali ini akan membahas tentang 2 mobil eksotis asal Italia. Buat Black Car Community pasti sudah tidak asing lagi dengan perusahaan berlambang banteng Lamborghini. Dilansir dari DetikOto bahwa Lamborghini siap melansir 2 Lamborghini terbaru limited edition yakni Murcielago LP 670-4 Super Veloce dan Gallardo LP 550-2 Valentino Balboni pada awal Februari mendatang. Kedua versi Lamborghini ini hadir melengkapi untuk melengkapi varian Gallardo LP 560-4 dan Murcielago LP 640 yang telah lebih dulu dipasarkan pada tahun lalu.

Murcielago LP 670-4 Super Veloce

Sesuai pada foto diatas, tampilan Murcielago LP 670-4 versi Super Veloce sudah tidak perlu dipertanyakan lagi keeksotisannya. Desain yang menawan khas mobil-mobil sport Italia sudah kuat terasa. Ditambah dengan berbekal mesin V12 berkapasitas 6.5 liter yang tertanam di balik bonnetnya, Murcielago LP 670-4 versi Super Veloce ini dapat melaju hingga kecepatan 342 km per jam dan mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 3,2 detik saja. Hal tersebut tidaklah mengherankan karena mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 493 kW (670 hp) dengan putaran torsi maksimum sebesar 660 Nm.

Gallardo LP 550-2 Valentino Balboni

Sedangkan Lamborghini Gallardo LP 550-2 versi Valentino Balboni merupakan penghargaan Lamborghini terhadap Valentino Balboni yang sejak tahun 1960-an menjadi test driver mobil-mobil Lamborghini. Gallardo LP 550-2 versi Valentino Balboni pun merupakan mobil berpenggerak roda belakang pertama yang dibuat Lamborhini dalam 11 tahun balakangan ini. Dengan tampilan elegan ditambah dengan mesin V10 5.2 liter sehingga mampu menghasilkan tenaga hingga 405 kW pada 8.000 rpm dan torsi 540 Nm pada 6.500 rpm dan top speed 320 km per jam.

Selengkapnya...

Tuesday, January 26, 2010

Akibat Terlalu Banyak Tidur

Pada Black In News kali ini aku akan sedikit berbagi pengalaman tentang pola tidur. Sejak september 2008 lalu aku mulai bekerja disebuah kantor dengan sistem kerja 3 shift. Shift Pagi(08:00-14:00), Siang(14:00-20:00), dan Malam(20:00-08:00). Tapi sekarang aku lebih sering masuk siang dan malam. Karena saat ini selain bekerja aku juga kuliah. Waktu pagi kuliah dan siang malamnya bekerja. Sehingga sedikit mengubah pola tidurku.

Selain itu juga membuatku jadi kurang tidur. Keesokan harinya kalau lagi libur biasanya aku tidur lebih lama dengan maksud mengganti kekurangan jam tidur yang sebelumnya. Tapi setelah itu justru waktu bangun tidur aku merasa lemas, letih, lesu, dan pusing. Mungkin dari rekan-rekan Black Community juga ada yang merasakan hal tsb. Bangun tidur merasa lemas dan rasanya masih ingin tetap tertidur.

Ternyata didalam medis hal tsb memang sudah dibahas. Tubuh memiliki siklus bangun dan tidur yang sudah terpola dengan sendirinya. Ketika seseorang tidur dalam waktu yang lebih lama dari biasanya misal saat liburan, maka akan terjadi pergeseran pola dari yang sudah ada sebelumnya.

Akibat dari pergeseran pola tersebut, tubuh akan terasa lemas dan rasanya masih ingin tetap tertidur. Jika tubuh merasakan adanya siklus yang salah atau berbeda maka orang akan merasakan kelesuan, kelelahan dan pusing. Kondisi ini sangat mirip dengan gejala jet lag.

Untuk menghindari rasa lemas karena terlalu banyak tidur, tak ada salahnya untuk melakukan beberapa tips berikut agar pola tidurnya teratur, yaitu:



  • Buatlah waktu bangun dan tidur yang sama setiap harinya, termasuk pada akhir pekan. Kuncinya adalah pada saat bangun tidur, jika tidur lebih awal maka bangun tidurnya pun harus lebih awal.

  • Biasakan diri untuk terkena sinar matahari pagi setiap harinya saat baru bangun tidur. Selain bagus untuk menghilangkan rasa lemas, sinar matahari pagi juga mengandung vitamin D yang berguna bagi tubuh.

  • Hindari tidur terlalu lama saat akhir pekan, meskipun malam sebelumnya tidur larut malam. Usahakan tidur 15-30 menit lebih awal pada malam berikutnya.

  • Hindari mengonsumsi kafein dan alkohol 2-3 jam sebelum waktu tidur.



Jika sudah memiliki waktu tidur yang cukup tapi tetap terasa lemas saat bangun tidur, ada kemungkinan bukan masalah kuantitas jam tidurnya namun ada masalah dikualitas tidurnya seperti sering terbangun atau tidurnya tak nyenyak.

Selengkapnya...

Friday, January 22, 2010

Membonceng Adek Kecil

Kalau melihat foto di samping apa yang muncul dibenak rekan-rekan Black Motor Community? Yups,,itu hanya ada di Indonesia dan perlu diberi penghargaan dari Blackinnovationawards sebagai inovasi transportasi paling ekstrim dan tidak patut dicontoh :D
Lihat saja penumpangnya, dalam 1 motor ada 6 orang [*Mobil kale y... (-_-" ]. Dan yang lebih meprihatinkan mayoritas penumpangnya adalah anak-anak.

Banyak orang yang mengendarai motor secara berboncengan dengan mengajak anak-anak mereka tapi tidak memperhatikan keamanan selama perjalanan. Contohnya seperti pada gambar di samping. Mungkin maksudnya supaya lebih murah dan cepat tapi ternyata juga lebih beresiko terjadinya kecelakaan. Untuk itu berikut ada beberapa tips dari Departemen Perhubungan Republik Indonesia ketika membonceng anak agar selamat dan nyaman sepanjang perjalanan.

Pertama, usahakan tidak membawa anak lebih dari satu. Sebab idealnya sepeda motor hanya dapat dimuati oleh dua orang, pengemudi dan pembonceng.

Kedua, sebisa mungkin anak harus dibonceng di belakang dengan kedua kaki berpijak pada footstep dengan sempurna. Kemudian tangan anak berpegangan pada pinggang atau perut pengendara dengan kuat.

Jika kaki anak Anda belum bisa mencapai footstep, anak dapat didudukkan di depan dengan motor tipe bebek, sehingga kaki anak dapat menjejak. Pada posisi ini, sebaiknya anak Anda berpegangan pada stang bagian dalam sehingga tidak mengganggu gas, grip atau sistem kemudi.

Ketiga, lengkapi anak dengan peralatan keselamatan berkendara, seperti helm fullface atau open face yang pas dengan ukuran kepalanya, kacamata, jaket, masker untuk pernafasan, celana panjang, dan sepatu.

Bila semua telah dipersiapkan, langkah terakhir yakni berkendaralah dengan aman, patuhi seluruh rambu lalulintas yang ada, agar Anda dan si buah hati selamat sampai tujuan.

Selengkapnya...

Thursday, January 21, 2010

Seberapa Mahal Harga Rokok di Indonesia?

Di Indonesia merokok sudah menjadi gaya hidup. Seperti halnya bagi rekan-rekan Black Car Community, mobil adalah bagian dari hidup. Bagi para penikmat rokok juga seperti itu. Bagi mereka tiada hari tanpa merokok. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa banyak yang menganut budaya merokok tsb. Bahkan industri rokok merupakan salah satu penyumbang devisa negara yang sangat besar. Tapi selain itu juga menjadi salah satu penyumbang besarnya jumlah penderita penyakit sebagai akibat mengkonsumsi rokok.

Yang jadi pertanyaan, mengapa di Indonesia banyak yang mengkonsumsi rokok? setiap hari 5 lembar ribuan sampai belasan ribu dikeluarkan hanya untuk mendapatkan batang-batang tembakau(baca: rokok). Malah yang paling banyak mengkonsumsi rokok tsb adalah dari kalangan menengah kebawah. Memang seberapa mahal harga rokok di Indonesia?


Dari site Detik Health
Senin, 31/08/2009 10:44 WIB


Salah satu penyebab tingginya konsumsi rokok adalah karena terjangkaunya harga rokok. Harga satu bungkus rokok merek lokal termurah di Singapura adalah Rp 66.600, di Malaysia Rp 13.800, di Thailand Rp 7.900, sedangkan di Indonesia harganya cuma Rp 5.000.


Dari data di atas sudah jelas bahwa harga rokok di Indonesia memang relatif murah. Sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat kalangan menengah kebawah. Dan ternyata harga rokok yang rendah itu disebabkan karena adanya subsidi dari industri rokok itu sendiri. Kalau rekan-rekan Black Community mau ngecek, harga di bandrol lebih mahal dibanding harga jualnya.

Selengkapnya...

Sunday, January 17, 2010

UU Nomor 22 Tahun 2009

Entah kenapa mulai dari beberapa bulan lalu sering sekali ada razia lalu lintas, khususnya jalur Mojokerto-Surabaya. Karena aku sering lewat situ :D. Biasanya di perempatan lampu merah, By pass, atau di tempat-tempat keramaian(baca: pasar, stadion dll). Kemudian dari cerita2 tetanggaku yang tinggal di Mojosari juga banyak yang kena razia di Stadion Gajah Mada Mojosari. Salah satunya spion tidak lengkap dan terkena denda sebesar Rp. 250.000,- . Daripada terkena denda sebesar itu, akhirnya aku pasang spion motorku yang biasanya cuma sebelah jadi aku pasang kanan kiri lengkap. Kemudian keesokan harinya ada yang tanya ke aku, "Vid, kenapa spionmu jadi kayag orang berdo'a gitu?". Maksudnya kenapa spion speda motorku seperti tangan orang yang sedang berdoa dengan kedua tangan diangkat. Ya langsung saja aku jawab seperti di atas.

Yang terakhir kemaren pagi waktu berangkat dari Mojosari menuju arah Surabaya. Tepat di perempatan Krian banyak polisi berdiri disana sedang sibuk mengatur lalu lintas, karena waktu itu lampu stopan sedang mati. Sambil mengatur jalannya kendaran, mereka menghimbau kepada pengendara roda dua supaya menyalakan lampu. Kalau di Surabaya memang sudah banyak papan pengumuman supaya menyalakan lampu disiang hari. Tapi setahu aku di Mojosari dan sekitarnya masih belum ada himbauan seperti itu. Kemudian tadi tak sengaja aku melihat di acara Highlights Otomotif Trans7 ada berita tentang peraturan lalu lintas yang baru yaitu harus menyalakan lampu motor disiang hari. Dan dari situ aku baru tahu kalau ada perubahan UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 yang menggantikan UU tahun 1992. Mungkin bagi para Black Motor Community sudah banyak yang tahu mengenai hal ini, tapi melalui Black In News ini akan kusampaikan beberapa dari UU tsb barangkali ada yang belum mengetahui perubahan tsb.


Dari site Persatuan Pewarta Warga Indonesia
Oleh : Mursalim Abdurahman
Sabtu, 31 Oktober 2009 14:41


Pewarta-Indonesia, JAKARTA - Waspada sebelum dirazia. Perhatikan UU terbaru yang
menggantikan UU tahun 1992, yakni UU Nomor 22 Tahun 2009. Undang-Undang yang sudah
ditandatangani Presiden SBY pada tanggal 22 Juni 2009, memuat antara lain:

1. Tidak Memiliki SIM. Menurut Pasal 281, apabila pengendara kendaraan bermotor tidak
memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa dikenakan denda paling banyak Rp. 1.000.000,00 (satu juta rupiah). Atau di pidana kurungan paling lama 4 bulan. Jadi, selalu bawa SIM Anda setiap kali Anda mengendarai motormu.

2. Mengemudi Tidak Konsentrasi. Hati hati juga buat biker yang suka menelpon sambil
mengendarai motor bisa kena sanksi pasal 283. Menurut pasal ini bagi yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp. 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

3. Kelengkapan Motor Bagi pengendara roda dua di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban, mengacu pada Pasal 285 dapat dikenai denda paling banyak Rp. 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) atau pidana kurungan paling lama 1 bulan.

4. Rambu dan Markah Jangan abaikan rambu dan markah jalan. Pasal 287 UU 22/2009
menetapkan bahwa Pengendara motor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

5. Tidak Bawa STNK. Nah, buat biker yang suka lupa bawa STNK harap waspada, karena
menurut Pasal 288, setiap pengendara roda dua di jalan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau surat tanda coba Kendaraan Bermotor yang
ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

6. Helm Standard Buat Penumpang dan Pengemudi. Selalu pakai helm SNI saat mengendarai
sepeda motor, baik pengemudi maupun penumpang motor. Karena menurut Pasal 291, bagi
setiap pengemudi dan penumpang Sepeda Motor yang tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia (SNI) dipidana dengan pidana kurungan paling lama sebulan atau denda paling banyak Rp. 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

7. Menyalakan Lampu Utama Malam atau Siang Hari. Selalu nyalakan lampu utama motor
Anda di jalan pada siang maupun malam hari. Karena menurut Pasal 293, jika Anda tidak
menyalakan lampu utama pada motor Anda di malam hari, Anda bisa dikenakan pidana
kurungan paling lama sebulan atau denda paling banyak Rp. 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Bila sebelumnya ligh on di siang hari hanya dianjurkan, sekarang diwajibkan. Jika tidak menyalakan lampu utama di siang hari dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Belok Kiri Boleh Langsung?

Kalau dulu biker dapat langsung belok kiri meskipun saat itu lampu lalulintas menunjukkan warna merah. Sekarang tidak dibolehkan! Karena menurut UU No. 22 / 2009 Pasal 112, Pengemudi Kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh Rambu Lalu Lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas. Bagi yang melanggar akan ditilang dan dikenakan denda sebesar 250 ribu rupiah.


Referensi lain:
http://www.ditjenpum.go.id/hukum/2009/uu/UU_22_Tahun_2009.pdf

Selengkapnya...

Wednesday, January 13, 2010

Nikotin adalah... :D

Maksud hati ingin posting di black blog tapi sedang tidak ada inspirasi. Akhirnya ku buka foto-foto di HP(baca: handphone) aku, barangkali dari foto-foto yang ada kemudian dapat ide untuk menulis. Kucari, kulihat-lihat akhirnya aku menemukan foto di samping, dengan sedikit edit tentunya.

Tapi setelah itu malah muncul satu pertanyaan, "terus apa yang aku tulis tentang foto tsb?"
Kemudian aku goyang-goyang kepala, maksudnya sih supaya jadi agak encer ini otak [GJ mode ON :D]. Dan ternyata benar[*semakin GJ], berbicara tentang Djarum Black [*sesuai foto] yang terlintas dipikiranku adalah sebatang rokok. Kemudian dari sebatang rokok muncul kata Asap dan Nikotin. Dari situ melalui Black In News kali ini aku putuskan untuk mencari referensi tentang apa itu nikotin.


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Nikotin)


Nikotina adalah senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang dihasilkan secara alami pada berbagai macam tumbuhan, terutama suku terung-terungan (Solanaceae) seperti tembakau dan tomat. Nikotina berkadar 0,3 sampai 5,0% dari berat kering tembakau berasal dari hasil biosintesis di akar dan terakumulasi di daun.

Nikotina merupakan racun saraf yang potensial dan digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis insektisida. Pada konsentrasi rendah, zat ini dapat menimbulkan kecanduan, khususnya pada rokok. Nikotina memiliki daya karsinogenik terbatas yang menjadi penghambat kemampuan tubuh untuk melawan sel-sel kanker, akan tetapi nikotina tidak menyebabkan perkembangan sel-sel sehat menjadi sel-sel kanker.


Dari informasi di atas disebutkan bahwa nikotin menimbulkan kecanduan, khususnya pada rokok. Jadi karena efek ketergantungan tsb orang terus menghisap rokok dan membelinya dengan berbagai alasan meskipun sebenarnya termasuk pemborosan. Berikut dijelaskan mengenai efek dan bagaimana nikotin bisa mengakibatkan kecanduan.


Dari site IndoForum

Efek Nikotin

Pengaruh nikotin terhadap saraf pusat dan perilaku antara lain meningkatkan kewaspadaan, mengurangi ketegangan mental pada waktu stres, meningkatkan daya ingat jangka pendek, memperpendek waktu reaksi, mengurangi rasa lapar serta menigkatkan perhatian.

Efek nikotin dalam kenikmatan dan menimbulkan kecanduan akibat dari rangsangannya terhadap saraf pusat yaitu otak. Di otak nikotin menempati reseptor kolinergik nikotinik.

Di dalam otak terdapat area yang disebut sebagai Brain Pleasure System. Jika reseptor di area otak tersebut dirangsang oleh nikotin, akan timbul rasa nikmat dalam waktu tertentu.

Setelah rasa nikmat berkurang, seseorang akan kembali menghisap rokok. Pada seorang perokok bagian otak ini akan terus dirangsang sehingga menimbulkan ketagihan jika kadar nikotin dalam darah rendah.

Tentu saja rasa nikmat ini juga dipengaruhi selera individu terhadap berbagai racikan rokok pada berbagai merk rokok.


Dari data-data di atas dapat disimpulkan bahwan rokok yang berbahan dasar tembakau mengandung senyawa yang disebut nikotin. Dimana nikotin tsb merupakan racun saraf yang potensial dan pada konsentrasi tertentu dapat menimbulkan efek kecanduan.

Selengkapnya...

Tuesday, January 12, 2010

Sarapan Pecel Maknyus

Mungkin rekan-rekan Black Community masih ingat lagu ini: "Bangun tidur ku terus mandi...Tidak lupa menggosok gigi...". Tapi sepertinya lagu tsb harus diaransemen ulang, karena sudah tidak sesuai dengan reality anak muda zaman sekarang khususnya seperti saya. Hehee...Lebih pas lagi kalo jadi seperti ini: "Bangun tidur ku terus makan...tidak lupa membuka facebook". Sungguh kebiasaan yang tidak baik dan kurang menghasilkan, tapi itulah adanya. Bangun agak siang, cuci muka, kumur-kumur kemudian langsung berangkat cari sarapan.

Dan akhirnya nasi pecel yang aku dapat. Makanan khas Indonesia yang sangat bergizi, karena terdiri dari berbagai sayuran hijau seperti bayam, kacang panjang, atau dibeberapa daerah biasanya ditambah kangkung, kecambah, dan timun. Secara tampilan memang kurang menarik, tapi dengan ditambah bumbu yang sedap dengan komposisi yang pas rasanya seakan sedang menikmati Djarum Black Slimz.


Resep Bahan Pecel :

* 150 gram kangkung muda
* 150 gram kacang panjang, potong @ 2 cm
* 150 gram bayam muda
* 200 gram taoge atau jenis sayur lain
* garam menurut selera
* rempeyek kacang

Resep Sambal Pecel :

* 250 gram kacang tanah sangrai/goreng, cincang kasar
* 6 buah cabai rawit
* 2 buah cabai merah
* 1 sendok teh kencur cincang
* 3 siung bawang putih
* 3 lembar daun jeruk purut
* 1 sendok teh asam jawa
* 1/4 sendok teh terasi
* 300 ml air matang
* garam dan gula merah menurut selera

Cara Membuat Pecel :

* Rebus secara terpisah masing-masing sayuran, tiriskan.
* Sambal pecel : tumis cabai, kencur, bawang putih, dan daun jeruk dengan 3 sendok makan minyak goreng, tiriskan. Haluskan bersama kacang goreng, beri air matang, aduk kental. Hidangkan sayuran dengan sambal dan rempeyek kacang.
* Rempeyek kacang : haluskan 10 buah kemiri sangrai/goreng, 5 siung bawang putih, 2 sendok teh kencur cincang, 1 sendok teh ketumbar, dan 1 sendok teh garam.
* Campur 200 gram tepung beras, 50 gram tepung sagu, bumbu halus, 1 butir telur kocok, aduk, tuangi 450 ml santan cair sambil diaduk menjadi adonan yang licin. Masukkan 5 lembar daun jeruk purut iris halus, dan 200 gram kacang.
* Tuang 1 sendok sayur adondn di pinggir penggorengan. Biarkan mengeras, lepaskan dengan sendok penggorengan, bawa ke tengah, goreng dengan api kecil sambil dibolak-balik hingga kering kecokelatan. Angkat, tiriskan.

Selengkapnya...

Sunday, January 10, 2010

Batik Juga Keren Koq...

Siapa bilang pakai batik itu norak? Lihat aja fotoku disamping. Keren bukan??? :D
Pertama kali aku pasang foto itu di profil facebook, banyak komentar yang bermunculan. Ada yang bilang aku ini seperti Pak RT, Pak RW, Pak Guru dan seperti Bapak-bapak. But whatever you say... Bagiku foto itu merupakan cermin dari ambisiku. Seorang eksekutif muda yang mempunyai visi misi dan sedang memakai batik warisan asli kebudayaan Indonesia.

Awalnya sih agak aneh pakai batik, tapi berhubung kantor mengharuskan memakai batik setiap hari jumat jadi lama-kelamaan mulai terbiasa. Malah sekarang aku mulai nyaman memakai batik tsb. Sampai temenku ada yang bilang kalau aku ini batik kholic gara-gara sering pakai batik.

Koleksi Kemeja Batikku

Aku juga bersyukur, sekarang batik mulai diterima oleh masyarakat khususnya anak muda. Kalo dulu batik hanya dipakai oleh PNS dan anak sekolah, sekarang sudah mulai menjadi fashion. Apalagi kemaren tanggal 2 Oktober 2009 Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga menghimbau kepada masyarakat supaya semua memakai batik pada hari tsb, sebagai apresiasi baik terhadap batik dan pengakuan serta penghargaan yang disampaikan secara resmi oleh United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO) bahwa batik merupakan salah satu warisan umat manusia yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia. Ini merupakan sebuah kemajuan pesat sebagai usaha agar semua masyarakat Indonesia terutama para pemuda sebagai penerus bangsa menjadi lebih mencintai kebudayaan bangsa Indonesia khususnya batik.

Dan yang lebih mengesankan, mobil pun juga ada yang pakai batik(Lihat gambar di bawah). Sebuah mobil milik salah satu anggota Black Car Community yang sedang mengikuti kontes ABT(AutoBlackThrough) di Jogja. Menurutku pribadi, melalui event-event seperti inilah yang senantiasa harus kita lakukan untuk memotivasi kita sebagai kampanye Cinta Budaya Indonesia khususnya batik.
Mobil milik Rinintya Prathista peraih titel The Best Cinema on Wheels pada Kontes ABT(AutoBlackThrough) di Jogja.


Selengkapnya...

Friday, January 8, 2010

Makan Malam Nasi Goreng Jawa

Kemaren malem, sepulang dari kantor mampir dulu ke Warung Cak Udin yang berada tepi jalan Kalidami Surabaya. Rintik gerimis agak dingin, tapi sepiring nasi goreng jawa dan sebatang Djarum Black Slimz menghangatkan suasana. Dengan 6 lembar uang seribuan cukup untuk mendapatkan semua itu. Warung tsb mulai buka sekitar Pkl. 18:00 setelah magrib sampai malem jam 23:00. Meski sederahana tapi lumayan banyak pelanggannya. Bagi rekan-rekan Black Community yang ingin cek ke TKP bisa langsung datang ke saja ke Jalan Kalidami dekat Kantor Samsat B Surabaya. Jalan tsb setiap malem ramai, banyak pedagang yang jualan disana.

Warung Nasi Goreng Cak Udin


RESEP MASAKAN NASI GORENG JAWA

Bahan:
1. 250 gram dada ayam, rebus, goreng, suir-suir
2. 3 butir telur kocok lepas
3. 1 buah tomat, buang biji, cincang
4. 1 sendok makan kecap manis
5. 75 gram kol, iris tipis
6. ½ sendok the garam
7. ½ sendok teha penyedap rasa, jika suka
8. 1 batang daun bawang, iris-iris
9. Bawang goreng secukupnya
10. Minyak goreng secukupnya

Bahan yang dihaluskan:
1. ½ butir bawang merah
2. 3 siung bawang putih

Pelengkap:
1. Emping goreng
2. Acar mentimun

Cara Membuat Resep Masakan Nasi Goreng Jawa:
1. Panaskan wajan beri minyak sedikit, beri masukkan telur. Aduk-aduk menjari orak arik, sisihkan
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus. Masukkan tomat, garam, penyedap rasa, kecap. Masukkan ayam suir, kol, daun bawang, orak-arik. Aduk –aduk sampai rata
3. Masukkan nasi, aduk rata, angkat
4. Hidangkan dengan taburan bawang goreng dan emping dan acar mentimun

Untuk 3 porsi


Selengkapnya...

Wednesday, January 6, 2010

Beberapa Keuntungan Tidak Menghisap Rokok


Sudah menjadi rahasia umum kalau merokok itu dapat mengganggu kesehatan. Dan sudah banyak pula yang menyebutkan apa saja kerugian dari menghisap rokok. Sampai2 pada bungkus rokok itu sendiri pun selalu dicantumkan kata-kata " Peringatan Pemerintah: merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin ". Tapi semua itu tetap tidak dapat mempengaruhi mereka yang merupakan penikmat tembakau tsb. Untuk itu pada Black In News kali ini aku akan menuliskan beberapa keuntungan tidak menghisap rokok.

1. Anda bisa menghemat, tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli rokok dan bisa membeli barang-barang lain yang diinginkan.

2. Anda akan menghirup lebih sedikit bakteri menghisap rokok sama dengan menghirup bakteri yang bisa membuat sakit.

3. Anda bisa lebih pintar karena terhindar dari kecanduan zat kimia rokok yang bisa merusak otak.

4. Anda akan memiliki gaya bercinta dan kemampuan seksual yang lebih baik karena aliran darah dan sirkulasinya yang lebih baik dan bersih.

5. Anda akan tidur lebih nyenyak dan lebih baik karena nikotin adalah zat yang bisa mengganggu produksi hormon tidur.

6. Anda bisa punya tulang yang lebih sehat dan kuat karena kepadatan mineral tulang tidak akan tercuri dan berkurang akibat rokok.

7. Anda akan terhindar dari penyakit psoriaris karena studi terkini menyebutkan ada hubungannya antara perokok dengan penyakit kulit psoriaris.

8. Anda akan merasa lebih hangat dan tidak kedinginan karena sirkulasi darah akan berjalan dengan lancar dan menghangatkan tubuh.

9. Anda yang memiliki penyakit AIDS tidak akan mengalami proses kemunduran daya tahan tubuh yang lebih cepat. Anda akan terhindar dari semua penyakit kronis yang disebabkan rokok, terutama penyakit jantung yang punya risiko 4 kali lipat.

10. Anda bisa terhindar dari meninggal dunia karena tumor otak karena asap rokok yang masuk ke paru-paru bisa menyebar cepat ke dalam pembuluh darah di otak.

11. Anda bisa memiliki gigi yang lebih bersih dan sehat karena zat kimia dalam rokok tidak masuk lagi ke mulut dan tidak akan merusak gigi.

12. Anda akan memiliki keriput yang lebih sedikit karena rokok bisa merusak jaringan dan elastisitas kulit setelah 10 tahun.

13. Anda akan memiliki indera penciuman yang lebih baik dan mengonsumsi makanan dengan lebih nikmat.

14. Anda bisa punya rambut yang lebih kuat dan tidak akan cepat mengalami kebotakan.

15. Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan produktif karena jarang sakit.

16. Anda akan terhindar dari stres karena tekanan keluarga dan orang-orang yang ingin Anda berhenti merokok.

17. Anda terhindar dari batuk dan bronkitis yang mengganggu.

18. Anda akan menyelamatkan bayi dan anak-anak yang tidak berdosa dari gangguan asap rokok.

19. Anda akan memiliki sperma yang lebih banyak dan sehat karena risiko sperma cacat akibat bahan kimia rokok akan berkurang.

20. Anda akan lebih dicintai pasangan, menjadi pencium yang baik dan kemungkinan dicampakkan berkurang karena kebanyakan wanita tidak suka bau asap rokok.

21. Anda akan menjadi contoh dan figur yang baik untuk teman yang ingin berhenti merokok.

22. Anda bisa bernafas lebih panjang karena karbonmonoksida dari rokok tidak akan masuk ke dalam darah dan membatasi jumlah oksigen untuk bernafas.

23. Anda bisa punya kemungkinan untuk hamil lebih besar karena terhindar dari kanker ovarium atau rusaknya sel-sel telur dan fungsi reproduktif wanita.

24. Anda punya risiko melahirkan anak cacat yang lebih rendah karena zat kimia dalam rokok bisa menyebabkan mutasi gen yang diturunkan pada anak.

25. Anda akan memiliki umur yang lebih panjang karena setiap satu batang rokok yang dihisap bisa mengurangi 11 menit kesempatan hidup.


Jadi sudah diketahui berapa banyak keuntungan jika kita tidak menghisap rokok. Tapi semua pilihan tetap berada ditangan masing-masing individu, apakah tetap memilih menghisap rokok atau tidak. Dan tentunya dari beberapa keuntungan yang disebutkan di atas masih banyak lagi yang lainya. Mungkin dari rekan-rekan Black Community bisa menambahkan jika masih kurang. Demikian terima kasih.

Think Black: Tentukan pilihanmu sekarang!!! :D
Selengkapnya...

 
My photo
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Followers