.: WeLCoMe GueST :.

Monday, December 28, 2009

Menu Siang Gado - Gado

Pada Black In News kali ini aku akan sedikit bercerita tentang pengalamanku tadi siang. Tapi khusus episode kali ini bukan tentang IT, tapi tentang makanan :D. Hampir setiap hari, menu makan siangku selalu Sayur Sop. Lagi...lagi... dan lagi... It was boring for me. Kenapa bisa terjadi? karena keterbatasan waktuku untuk makan siang. Setiap pagi aku harus kuliah sampai jam 2 siang, kemudian langsung berangkat ke kantor. Jadi istirahat ya di kampus tercinta, dan makan siang pun di kantin. Padahal waktu istirahat itu waktu penuh2nya kantin. Tapi ada satu kantin yang agak berbeda, kantin spesial buat para begundal..hehee

Di kantin tsb selalu ada tempat buat kami(aku dan beberapa temen kuliah). Tapi di sana menu makan siang yang pas buat aku cuma sayur sop + telur + tempe + tahu + es mar**mas blackberry. Jadi mau tidak mau hampir setiap hari aku makan itu.

Alhamdulillah siang ini, meski masuk kuliah tapi jadwal di kantor dapat L :D(baca: Libur). Tanpa membuang kesempatan, waktu pulang dari kampus aku searching menu spesial di luar kantin. Dan ternyata aku dapat makan siang di warung deket Kampus B Unair Surabaya. Dekat kos aku juga sih...aku dapat salah satu menu kesukaanku, "Gado-Gado Spesial + Es Kelapa Muda" (Lihat foto di atas tapi es kelapa muda-nya ga mau narsis). Meski sederhana tapi sungguh nikmat, maknyus, dan muantebs sodara2...

Mungkin cukup sekian untuk catetan hari ini, berikut ada sedikit informasi tentang resep gado-gado barangkali ada teman-teman dari Black Community ada yang mau mencoba resepnya.


RESEP GADO-GADO

Bahan :
150 gram kol,iris ,direbus ½ matang
50 gram taoge,siagi ,direbus ½ matang
1 buah tahu putih,goreng
150 gram tempe,goreng
1 buah ketimun,potong dadu
2 butir telur,rebus matang
Daun selada keriting & Emping goreng secukupnya

Bumbu Kacang:
300 gram kacang tanah,goreng,haluskan
500 ml santan dari 1 butir kelapa
1 batang serai,memarkan
2 lembar daun jeruk
4 sdm saus tomat botolan
2 sdm kecap manis
2 sdm minyak goreng
1 sdm penyedap rasa ayam

Haluskan:
2 cabe merah
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kencur
1 sdt garam

Pelengkap:
Daun selada,tomat,dan telur rebus
Taburan: bawang goreng

Cara membuat:
1. Saus: panaskan minyak,tumis bumbu halus hingga harum.Campur tumisan bumbu dengan kacang tanah,santan,serai,daun jeruk,saus tomat,kecap manis, dan penyedap rasa ayam,aduk rata,masak hingga mendidih,angkat.
2. Rebus sayuran hingga matang,angkat,tiriskan.
3. Siapkan pinggan,tata sayuran,tahu,dan tempe. Tuangkan bumbu kacang atau sajikan terpisah,taburi bawang goreng. Lengkapi dengan telur rebus dan emping goreng, sajikan.

0 comments:


Post a Comment

 
My photo
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Followers